Langsung ke konten utama

Model Desain Resort yang Unik dan Menarik

Model Desain Resort yang Unik dan Menarik. Resort biasanya dapat kita temukan di tempat-tempat wisata atau di pulau-pulau pribadi yang memang didesain untuk tujuan wisata. Sebuah resort haruslah dibangun dengan imajinasi dan selera artistik yang tinggi. Tidak hanya itu, pengetahuan mengenai bahan dan interior juga penting karena berhubungan dengan kualitas dan harga yang akan ditawarkan.



Jenis-jenis Resort

Beraneka ragam daerah pariwisata yang ada di dunia ini mempengaruhi variasi dari jenis resort. Berdasarkan letak dan fasilitasnya, resort dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Beach Resort


Desain Resort yang Unik dan MenarikResort ini terletak di daerah pantai dan mengutamakan potensi alam dan laut sebagai daya tariknya. Pemandangan ke arah laut, keindahan pantai, dan fasilitas olahraga air sering dimanfaatkan sebagai pertimbangan utama desain bangunan.


2. Marina Resort


Resort ini terletak di kawasan marina (pelabuhan laut). Desain resort ini biasanya memanfaatkan potensi utama kawasan tersebut sebagai kawasan perairan. Desain resort diwujudkan dengan melengkapi resort dengan fasilitas dermaga serta mengutamakan penyediaan fasilitas yang berhubungan dengan aktivitas olahraga air atau kegiatan lain yang berhubungan dengan air.


3. Mountain Resort


Resort ini terletak di daerah pegunungan. Pemandangan daerah pegunungan yang indah merupakan kekuatan lokasi yang biasanya dimanfaatkan sebagai ciri desain resort ini. Fasilitas yang disediakan lebih menekankan pada hal yang berkaitan dengan lingkungan alam dan rekreasi yang bersifat kultural dan natural, seperti mendaki gunung, hiking, dan sebagainya.


4. Health Resort and Spa


Resort ini dibangun di daerah-daerah dengan potensi alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana penyehatan, misalnya pegunungan yang memiliki udara yang bersih. Desain resort ini dilengkapi dengan fasilitas untuk pemulihan kesegaran jasmani, rohani, maupun mental, serta kegiatan yang berhubungan dengan kebugaran.


5. Rural Resort and Country


Resort ini merupakan resort yang dibangun di daerah pedesaan dan jauh dari keramaian. Daya tarik dari resort ini adalah lokasinya yang masih alami, diperkuat dengan fasilitas olahraga dan rekreasi yang jarang ada di kota seperti berburu, bermain golf, tenis, berkuda, panjat tebing, memanah, dan lainnya.

6. Sight-seeing Resort


Resort ini terletak di daerah yang mempunyai potensi khusus atau tempat-tempat menarik seperti pusat perbelanjaan, kawasan bersejarah, tempat hiburan, dan lain-lainnya.


Membangun sebuah resort di Indonesia memang masih cukup menjajikan, terutama karena banyaknya daerah-daerah wisata yang masih banyak belum tereksplor. Bagi Anda yang berniat membangun sebuah resort, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut ini yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum mulai membangun resort.

1. Persiapkan modal yang cukup


Lakukan perhitungan yang matang mengenai dana atau modal yang harus dikeluarkan. Modal sangat penting untuk diperhitungkan saat Anda ingin membangun resort untuk tujuan bisnis. Besaran dana ini bisa disesuaikan dengan tema dan lokasi resort.

2. Pertimbangkan Lokasi                  


Resort identik dengan tempat untuk berlibur dan menenangkan diri. Resort biasanya dibangun di pulau yang sepi atau di dekat tempat wisata, seperti gunung atau pantai. Semakin dekat lokasi resort dengan lokasi wisata, tentu harganya akan semakin mahal. Semakin populer tempat wisata tersebut, semakin besar pula dana yang perlu disiapkan. Namun, tempat wisata yang populer tentu akan menarik lebih banyak pengunjung.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan tempat penginapan lain di sekitar lokasi yang akan Anda jadikan resort. Keberadaan tempat penginapan yang menawarkan hal serupa akan meningkatkan pesaing Anda. Anda harus menunjukkan poin plus, konsep unik, atau akses khusus yang tidak bisa ditemui di resort lain.

3. Pilih dekorasi dan konsep yang tematik


Untuk dekorasi resort, sebaiknya Anda memilih tema atau konsep yang unik dan dekat dengan alam. Hindari pemilihan desain yang sudah umum ditemui di rumah biasa. Pilihlah tema yang dekat dengan alam, seperti dekorasi ala pedesaan, etnik, atau ala pantai dengan elemen tropis yang khas.

4. Perhatikan penataan ruang dan jumlah kamar


Menentukan jumlah kamar harus didasari dengan konsep dan tujuan resort itu sendiri, apakah akan didesain dengan konsep privat atau tidak. Untuk resort privat, tentunya jumlah kamar tidak perlu banyak, cukup 2 hingga 3 kamar saja. Resort privat ini biasanya digunakan oleh pasangan yang sedang berbulan madu atau keluarga kecil yang ingin berlibur. Sedangkan, untuk resort yang dibangun bukan untuk tujuan privat, sebaiknya buat jumlah ruangan yang lebih banyak, minimal 5. Resort ini bisa digunakan oleh rombongan wisata atau keluarga besar yang sedang berlibur.

Penataan ruangan meliputi pemisahan area pribadi seperti kamar tidur dan kamar mandi dengan area yang lebih terbuka seperti ruang tamu, ruang bersantai, ruang menonton, atau ruang baca. Kamar mandi sebaiknya ada di setiap kamar tidur. Namun, jika tidak memungkinkan, Anda bisa membuat satu kamar mandi di tengah-tengah atau di antara 2 kamar tidur.

Jika ada area kosong yang cukup luas, baik itu di dalam atau di luar ruangan, bisa Anda fungsikan sebagai restoran, mini kafe, atau mini bar. Dengan adanya fasilitas ini, tamu tidak perlu pergi keluar resort jika mereka ingin menyantap makanan.

5. Buat lanskap dan taman yang indah di sekeliling resort



Penataan lanskap dan taman harus lebih ditekankan, karena pengunjung yang berlibur di resort mayoritas lebih sering melakukan kegiatan di luar ruangan dibandingkan di dalam ruangan. Buat taman yang indah dengan tumbuhan bunga atau tanaman khas daerah tersebut. Tambahkan juga patio, ayunan, kursi dan meja taman, hingga lampu taman di sekitarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

99+ Desain Rumah Minimalis Sederhana dan Modern

Desain Rumah Minimalis Sederhana dan Modern .Salah satu karakteristik dari rumah minimalis adalah rumah yang didesain dengan gaya arsitektur modern. Tetap terkesan elegan meski hanya menampilkan elemen seperlunya dan sesederhana mungkin. Oleh karena itu, biasanya rumah minimalis memanfaatkan bahan material dan lahan seminimal mungkin dengan menonjolkan desain rumah minimalis yang simple. Pengaplikasian gaya rumah minimalis sendiri lebih identik dengan gaya hidup yang diterapkan pada desain rumah. Efisiensi dalam penggunaan bahan dan lahan cukup diperhatikan. Termasuk juga mengurangi susunan ruang yang tidak efektif dalam penggunaannya, serta tidak terlalu banyak menggunakan perabot. Hal itu membuat desain model rumah minimalis tidaklah terlalu rumit. Namun meski begitu, kenyamanan saat mendesain rumah minimalis, tetap menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan. Misalnya dengan penataan ruang yang lebih terbuka, sehingga juga dapat memberikan kesan lapa

12 Dekorasi Cantik untuk Melengkapi Desain Interior Ruang Tamu Anda

12 Dekorasi Cantik untuk Melengkapi Desain Interior Ruang Tamu Anda . Dalam arsitektur Barat, ruang tamu, juga disebut ruang santai atau ruang duduk, adalah kamar di rumah hunian atau apartemen untuk bersantai dan bersosialisasi. Kamar seperti ini terkadang disebut ruang depan saat berada di dekat pintu masuk utama di depan rumah. Karena menjadi tempat yang pertama kali dimasuki tamu, tak heran jika dekorasi ruang tamu kecil maupun besar menjadi perhatian banyak pemilik rumah. Selain memilih furnitur atau sofa yang cantik, penambahan berbagai aksesoris akan mendongkrak tampilan dekorasi ruang tamu sederhana Anda. Apa saja contohnya? Rak Buku Desain Arssitek Ruang Tamu . The Lego Apartment yang berada di Jakarta ini adalah salah satu rumah yang memanfaatkan rak buku sebagai penunjang dekorasi ruang tamunya. Dengan pemilihan warna rak yang kontras, ruang tamu ini tampil semakin elegan. Sekat Pembatas Jika Anda ingin ruang tamu dipisah

Cara Kreatif Mempercantik Desain Interior Rumah Dengan Tanaman

Cara Kreatif Mempercantik Desain Interior Rumah Dengan Tanaman . Salah satu cara termudah mengubah tampilan interior adalah dengan menambahkan tanaman hias dalam rumah Anda. Warna hijauh selain mampu menyegarkan udara (di siang hari) juga mampu memberikan energi positif ke dalam ruangan. Mempercantik Desain Interior Rumah Dengan Tanaman . Tidak mesti menggunakan tanaman yang sulit dirawat. Tanaman hias mini berupa kaktus, calandiva (cocor bebek), jengger ayam atau miana juga tidak memerlukan perhatian ekstra. Mengurus tananaman, menyiram air dan memberikan perhatian pada tanaman juga bisa membawa efek tenang dalam diri. Lantas bagaimana cara mengatur tanaman hias dalam ruangan agar suasana segar itu bisa Anda dapatkan? Simak 8 referensi di bawah ini! Griya Anugerah Bangunan dengan desain modern ini merupakan poliklinik di kawasan Tangerang, Banten. Interiornya yang serba putih diberi sentuhan dengan kehadiran pohon yang tumbuh memanjang dari lantai bawah ke lantai atas. Jika rumah And